Happy People, Many Fish Kami percaya bahwa pemberdayaan komunitas nelayan adalah salah satu kunci dari perikanan yang bertanggung jawab dan berkelanjutan. Memberdayakan masyarakat pesisir Memberdayakan, mendorong, dan memperkuat nelayan kecil dengan mendukung komunitas nelayan serta memanfaatkan kekuatan pasar. Perintis data nasional Menggalakkan pengumpulan data perikanan skala kecil, meningkatkan pengelolaan perikanan dan mengembangkan sistem eCDT secara nasional. Pelopor teknologi ketelusuran perikanan Kami membangun dan menggunakan sistem hingga aplikasi digital untuk ketelurusan dan transparansi produk perikanan. Tim handal yang bersemangat dan berpengalaman Kami adalah kader konservasi dan pemberdayaan komunitas yang selalu berinovasi untuk mewujudkan perikanan berkelanjutan.
Overview - Focused on sustainable fisheries

Mewujudkan perikanan
yang berkelanjutan

Didirikan pada tahun 2013, Yayasan Masyarakat dan Perikanan Indonesia (MDPI) adalah organisasi nirlaba dengan misi memberdayakan masyarakat perikanan untuk mencapai perikanan berkelanjutan melalui pengorganisasian masyarakat dan memanfaatkan kekuatan pasar. Visi kami adalah mendorong masyarakat perikanan yang maju berkembang dan berperan aktif serta memimpin dalam pengelolaan perikanan berkelanjutan.

Program dan Kegiatan

Peningkatan Perikanan

Kami menyusun mekanisme dan data yang dibutuhkan untuk pengelolaan perikanan yang adaptif, meliputi pengumpulan data, keterlibatan pemangku kepentingan dan pembangunan kapasitas berdasarkan prinsip EAFM/Pengelolaan Perikanan.

Selengkapnya

Pengorganisasian Masyarakat

MDPI bekerja untuk memberdayakan, mendorong dan memperkuat kapasitas masyarakat perikanan untuk berpartisipasi secara aktif dalam pengelolaan perikanan dan mengadvokasikan kesejahteraan masyarakat.

Selengkapnya

Teknologi Perikanan

Pelopor dalam teknologi ketelusuran yang merekam aktivitas dan elemen data penting dari umpan sampai ke nampan, untuk memastikan perikanan skala kecil selalu mematuhi aturan yang berlaku dalam skala nasional maupun ekspor.

Selengkapnya

8 Tahun Pengalaman

Landing Site
Nelayan
Data Sampling (ton)
Asosiasi Nelayan
Implementasi Teknologi Kapal

Berita Terkini

Melengkapi legalitas nelayan melawan IUU fishing

Oleh: Karel Yerusa & Marwan Adam Salah satu ancaman terbesar bagi keberlanjutan laut dan perikanan kita adalah aktivitas perikanan yang ilegal dan tidak teratur, atau dikenal juga sebagai illegal, unreported and unregulated fishing (IUUF). Saat ini berbagai kebijakan dan kesepakatan tengah diberlakukan demi meningkatkan upaya dan komitmen bersama dalam memerangi IUUF, baik di tingkat nasional…

April 8, 2022
Perempuan dan Perubahan dalam Pengelolaan Perikanan dan Pengembangan Ekonomi Pesisir

Oleh: Bachori Dhian Pratama dan Siti Zulaeha Untuk menghadapi tantangan di sektor perikanan, perempuan turut memainkan peran penting dalam mendukung pengelolaan perikanan tuna secara berkelanjutan dan pengembangan ekonomi masyarakat pesisir. Kesetaraan partisipasi laki-laki dan perempuan di sektor perikanan dapat menjadi titik awal untuk mengurangi marjinalisasi dan meningkatkan partisipasi perempuan di sektor perikanan ke depannya. Dewasa…

Maret 9, 2022
Cara baru memperkenalkan literasi keuangan di komunitas nelayan

Oleh: Bachori Dhian Pratama Lebih dari 8 tahun berkarya, MDPI telah bekerja dengan komunitas pesisir untuk melaksanakan program pengembangan masyarakat khususnya di bidang perikanan berkelanjutan. Berawal dari program sertifikasi Fair Trade yang bergerak dalam pengembangan ekonomi pesisir, kini MDPI mengembangkan cakupan kerjanya melalui pengembangan kapasitas komunitas pesisir terkait kemampuan pengelolaan keuangan dan inklusi gender untuk…

Januari 24, 2022
SELENGKAPNYA

Mari Berdonasi

Berdonasi untuk mendukung program kami dan bersama-sama mewujudkan perikanan berkelanjutan.

Donasi

Mari Bergabung

Bergabung dalam pengelolaan perikanan berkelanjutan dan terjun langsung ke masyarakat perikanan bersama para praktisi berpengalaman.

Gabung