Overview - Focused on sustainable fisheries

Mewujudkan perikanan
yang berkelanjutan

Didirikan pada tahun 2013, Yayasan Masyarakat dan Perikanan Indonesia (MDPI) adalah organisasi nirlaba dengan misi memberdayakan masyarakat perikanan untuk mencapai perikanan berkelanjutan melalui pengorganisasian masyarakat dan memanfaatkan kekuatan pasar. Visi kami adalah mendorong masyarakat perikanan yang maju berkembang dan berperan aktif serta memimpin dalam pengelolaan perikanan berkelanjutan.

Program dan Kegiatan

Peningkatan Perikanan

Kami menyusun mekanisme dan data yang dibutuhkan untuk pengelolaan perikanan yang adaptif, meliputi pengumpulan data, keterlibatan pemangku kepentingan dan pembangunan kapasitas berdasarkan prinsip EAFM/Pengelolaan Perikanan.

Selengkapnya

Pengorganisasian Masyarakat

MDPI bekerja untuk memberdayakan, mendorong dan memperkuat kapasitas masyarakat perikanan untuk berpartisipasi secara aktif dalam pengelolaan perikanan dan mengadvokasikan kesejahteraan masyarakat.

Selengkapnya

Teknologi Perikanan

Pelopor dalam teknologi ketelusuran yang merekam aktivitas dan elemen data penting dari umpan sampai ke nampan, untuk memastikan perikanan skala kecil selalu mematuhi aturan yang berlaku dalam skala nasional maupun ekspor.

Selengkapnya

8 Tahun Pengalaman

Landing Site
Nelayan
Data Sampling (ton)
Asosiasi Nelayan
Implementasi Teknologi Kapal

Berita Terkini

Arti Koperasi bagi Keluarga Nelayan Skala Kecil
Oleh: Alief Dharmawan Tanggal 12 Juli 2022 merupakan Hari Koperasi Nasional. Telah 75 tahun koperasi berdiri di Indonesia dan menjadi wadah untuk gerakan ekonomi rakyat atas asas kekeluargaan. Sejak tahun 2020 salah satu program kerja MDPI adalah pembentukan Koperasi Nelayan. Sejauh ini MDPI telah memfasilitasi pembentukan 9 koperasi dengan total anggota koperasi sebanyak 500 orang yang tersebar di 7 provinsi wilayah kerja MDPI. Sebanyak 97 perempuan menjadi anggotanya, tidak sekedar menjadi anggota biasa,...
Juli 14, 2022
Perjanjian Kerja Sama antara MDPI dan Ditjen PDSPKP

Tanggal 12 Februari 2019 adalah hari pertama Yayasan Masyarakat dan Perikanan Indonesia (MDPI) menandatangani perjanjian kerja sama dengan Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Perikanan (Ditjen PDSPKP). Tiga tahun sudah berlalu, selama 3 (tiga) tahun pelaksanaan kegiatan dalam ruang lingkup perjanjian tersebut, koordinasi antara Ditjen PDSPKP dan MDPI telah terlaksana dengan baik dan Ditjen PDSPKP juga…

Mei 18, 2022
Melengkapi legalitas nelayan melawan IUU fishing

Oleh: Karel Yerusa & Marwan Adam Salah satu ancaman terbesar bagi keberlanjutan laut dan perikanan kita adalah aktivitas perikanan yang ilegal dan tidak teratur, atau dikenal juga sebagai illegal, unreported and unregulated fishing (IUUF). Saat ini berbagai kebijakan dan kesepakatan tengah diberlakukan demi meningkatkan upaya dan komitmen bersama dalam memerangi IUUF, baik di tingkat nasional…

April 8, 2022
SELENGKAPNYA

Mari Berdonasi

Berdonasi untuk mendukung program kami dan bersama-sama mewujudkan perikanan berkelanjutan.

Donasi

Mari Bergabung

Bergabung dalam pengelolaan perikanan berkelanjutan dan terjun langsung ke masyarakat perikanan bersama para praktisi berpengalaman.

Gabung