Happy People, Many Fish Kami percaya bahwa pemberdayaan komunitas nelayan adalah salah satu kunci dari perikanan yang bertanggung jawab dan berkelanjutan. Memberdayakan masyarakat pesisir Memberdayakan, mendorong, dan memperkuat nelayan kecil dengan mendukung komunitas nelayan serta memanfaatkan kekuatan pasar. Perintis data nasional Menggalakkan pengumpulan data perikanan skala kecil, meningkatkan pengelolaan perikanan dan mengembangkan sistem eCDT secara nasional. Pelopor teknologi ketelusuran perikanan Kami membangun dan menggunakan sistem hingga aplikasi digital untuk ketelurusan dan transparansi produk perikanan. Tim handal yang bersemangat dan berpengalaman Kami adalah kader konservasi dan pemberdayaan komunitas yang selalu berinovasi untuk mewujudkan perikanan berkelanjutan.
Overview - Focused on sustainable fisheries

Mewujudkan perikanan
yang berkelanjutan

Didirikan pada tahun 2013, Yayasan Masyarakat dan Perikanan Indonesia (MDPI) adalah organisasi nirlaba dengan misi memberdayakan masyarakat perikanan untuk mencapai perikanan berkelanjutan melalui pengorganisasian masyarakat dan memanfaatkan kekuatan pasar. Visi kami adalah mendorong masyarakat perikanan yang maju berkembang dan berperan aktif serta memimpin dalam pengelolaan perikanan berkelanjutan.

Program dan Kegiatan

Peningkatan Perikanan

Kami menyusun mekanisme dan data yang dibutuhkan untuk pengelolaan perikanan yang adaptif, meliputi pengumpulan data, keterlibatan pemangku kepentingan dan pembangunan kapasitas berdasarkan prinsip EAFM/Pengelolaan Perikanan.

Selengkapnya

Pengorganisasian Masyarakat

MDPI bekerja untuk memberdayakan, mendorong dan memperkuat kapasitas masyarakat perikanan untuk berpartisipasi secara aktif dalam pengelolaan perikanan dan mengadvokasikan kesejahteraan masyarakat.

Selengkapnya

Teknologi Perikanan

Pelopor dalam teknologi ketelusuran yang merekam aktivitas dan elemen data penting dari umpan sampai ke nampan, untuk memastikan perikanan skala kecil selalu mematuhi aturan yang berlaku dalam skala nasional maupun ekspor.

Selengkapnya

8 Tahun Pengalaman

Landing Site
Nelayan
Data Sampling (ton)
Asosiasi Nelayan
Implementasi Teknologi Kapal

Berita Terkini

Berani Melangkah Bersama: Pengukuhan Koperasi Harapan Jaya Bersama

Terbentuk pada tahun 2013, Kelompok Usaha Bersama (KUB) Harapan Jaya dimotori oleh 15 nelayan di Desa Seruni Mumbul, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB). Pembentukan KUB ini menjadi landasan awal bagi para nelayan dalam mengembangkan usaha dan memantapkan kemandirian, serta menjadi salah satu upaya untuk mempermudah nelayan dalam mengakses berbagai keperluan alat tangkap. Meski dirasa…

Oktober 2, 2021
Diseminasi Pengumpulan Data Hasil Tangkapan Nelayan di Desa Minaesa

Oleh: Novita Ayu Wulandari, Subhan Murid, Amrollah, Putra Satria Timur Keberadaan MDPI di Sulawesi Utara telah ada sejak tahun 2015. Kegiatan yang pertama kali dilakukan berupa pengumpulan data perikanan tuna pada kapal pancing ulur dan pancing huhate. Kini, sejalan dengan MDPI yang telah berusia 8 tahun, MDPI memiliki strategi tambahan baru berupa program pengorganisasian masyarakat…

September 27, 2021
Penelitian alat bantu penangkapan ramah lingkungan

Saat ini, nelayan pancing ulur tuna semakin bergantung pada batu sebagai alat pemberat. Bahkan, mereka mulai kesulitan mendapatkan batu sehingga harus mengeluarkan biaya lebih untuk membeli ataupun mencari batu. Dalam satu hari, seorang nelayan bisa menurunkan hingga 40 butir batu seukuran 1 kg di laut setiap hari, bahkan lebih. Semakin banyak nelayan yang menggunakan metode…

September 20, 2021
SELENGKAPNYA

Mari Berdonasi

Berdonasi untuk mendukung program kami dan bersama-sama mewujudkan perikanan berkelanjutan.

Donasi

Mari Bergabung

Bergabung dalam pengelolaan perikanan berkelanjutan dan terjun langsung ke masyarakat perikanan bersama para praktisi berpengalaman.

Gabung