Overview - Focused on sustainable fisheries

Mewujudkan perikanan
yang berkelanjutan

Didirikan pada tahun 2013, Yayasan Masyarakat dan Perikanan Indonesia (MDPI) adalah organisasi nirlaba dengan misi memberdayakan masyarakat perikanan untuk mencapai perikanan berkelanjutan melalui pengorganisasian masyarakat dan memanfaatkan kekuatan pasar. Visi kami adalah mendorong masyarakat perikanan yang maju berkembang dan berperan aktif serta memimpin dalam pengelolaan perikanan berkelanjutan.

Kisah Kami

Organisasi kami berakar pada keyakinan dasar bahwa pemberdayaan masyarakat perikanan, yang juga didukung secara finansial, memegang peran kunci dalam mewujudkan keberlanjutan dalam sektor perikanan. Fokus kami adalah pada perikanan skala kecil, di mana kami berupaya mempromosikan rantai pasok produk makanan laut yang berkelanjutan, adil, dan dapat dilacak. Melalui serangkaian program MDPI yang kami susun, kami bertujuan untuk mencapai dampak nyata dan berkelanjutan dalam komunitas nelayan skala kecil.

Program dan Kegiatan

Peningkatan Perikanan

Kami menyusun mekanisme dan data yang dibutuhkan untuk pengelolaan perikanan yang adaptif, meliputi pengumpulan data, keterlibatan pemangku kepentingan dan pembangunan kapasitas berdasarkan prinsip EAFM/Pengelolaan Perikanan.

Selengkapnya

Pengorganisasian Masyarakat

MDPI bekerja untuk memberdayakan, mendorong dan memperkuat kapasitas masyarakat perikanan untuk berpartisipasi secara aktif dalam pengelolaan perikanan dan mengadvokasikan kesejahteraan masyarakat.

Selengkapnya

Teknologi Perikanan

Pelopor dalam teknologi ketelusuran yang merekam aktivitas dan elemen data penting dari umpan sampai ke nampan, untuk memastikan perikanan skala kecil selalu mematuhi aturan yang berlaku dalam skala nasional maupun ekspor.

Selengkapnya

10 Tahun Pengalaman

Desa
Anggota Masyarakat
Data Sampling (ton)
Anggota Kelompok & Koperasi
Implementasi Teknologi Kapal

Berita Terkini

Bahas Isu Perikanan Terkini, MDPI Kembali Inisiasi Pertemuan Reguler KPBP Provinsi NTT Tahun 2024

oleh Muhammad Alzaki Tristi Yayasan Masyarakat dan Perikanan Indonesia (MDPI) bersinergi dengan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) kembali menginisiasi Pertemuan Reguler Komite Pengelola Bersama Perikanan (KPBP) sebagai wadah bagi para pemangku kepentingan dalam mengintegrasikan program pemerintah dengan para mitra guna mewujudkan pengelolaan perikanan yang berkelanjutan dan bertanggung jawab. Kegiatan…

Mei 11, 2024
Koalisi Indonesia, Filipina, dan Vietnam untuk Manajemen Tuna Madidihang

2 Mei 2024, Bali – Merayakan Hari Tuna Internasional tahun ini, ahli perikanan beserta pemerintah Indonesia, Filipina, dan Viet Nam mendorong penyamaan visi dan strategi perikanan tuna madidihang yang berkelanjutan secara regional, khususnya di wilayah Samudra Pasifik bagian Barat Tengah, yang juga disebut WCPO (Western Central Pacific Ocean). Pada dialog keempat tahun ini, para delegasi…

Mei 2, 2024
Sejarah Perikanan Tersertifikasi Ekolabel di Maluku, Indonesia

Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, Pulau Buru tidak banyak dilirik. Namun dunia perikanan mengenal Buru sebagai rumahnya nelayan berstandar dunia. Sepuluh tahun lamanya, ratusan nelayan kecil di sana menangkap tuna sesuai dengan standar sertifikasi internasional; dan praktik tersebut menjadi tetes perubahan yang riaknya terasa hingga ke luar lingkar komunitas nelayan kecil. Awal mula perikanan berkeadilan…

April 1, 2024
SELENGKAPNYA

Mari Berdonasi

Berdonasi untuk mendukung program kami dan bersama-sama mewujudkan perikanan berkelanjutan.

Donasi

Mari Bergabung

Bergabung dalam pengelolaan perikanan berkelanjutan dan terjun langsung ke masyarakat perikanan bersama para praktisi berpengalaman.

Gabung