Magang Programmer

13 May 2019
mdpi
1127
2

Mendukung Pengembangan Sistem Ketertelusuran

dalam Rantai Pasokan Perikanan Artisan Skala Kecil

 

MDPI berpengalaman dalam mengembangkan dan menguji inisiatif ketertelusuran untuk perikanan artisan skala kecil dalam beberapa tahun terakhir ini. Sebagian besar pekerjaan tersebut berada di bawah dua proyek ketertelusuran IFITT dan NWO, serta sebuah proyek kecil yang berfokus mendukung industri Indonesia untuk memenuhi persyaratan lacak balak (chain of custody, CoC) dari MSC. Belum lama ini, MDPI telah bekerja sama dengan USAID Oceans untuk mendukung pengembangan sistem elektronik Dokumentasi dan Ketertelusuran Tangkapan (Catch Documentation and Traceability) untuk perikanan artisan skala kecil. Banyak pekerjaan yang sedang dilakukan untuk mengembangkan solusi teknologi untuk perikanan skala besar, sementara sektor artisan skala kecil sering tertinggal dalam pengembangan ini. Bagaimanapun, sering kali persyaratan kepatuhan yang sama diterapkan pada perikanan artisan skala kecil untuk persyaratan ekspor atau untuk peraturan tingkat nasional. MDPI secara khusus bertujuan untuk mengembangkan sistem dan mendukung teknologi yang ditujukan untuk sektor perikanan artisan skala kecil dan yang merupakan sumber terbuka (open source) atau berbiaya rendah agar dapat diakses oleh sebanyak mungkin pelaku perikanan artisan skala kecil.

 

Melalui pendekatan ini, MDPI bertujuan untuk mendukung kepatuhan dengan kegiatan perikanan legal, teregulasi, dan terlaporkan (LLR), daripada membiarkan sektor perikanan artisan skala kecil dilupakan atau tidak diperhatikan. Di bawah proyek-proyek tersebut, MDPI berpengalaman dalam mengembangkan dan menerapkan sistem ketertelusuran tingkat pemasok dan tingkat pengolah.

 

Karyawan magang akan bekerja di tiga kegiatan MDPI berikut ini:

  • Membantu dan bekerja dengan pengembang peranti lunak senior untuk pengembangan sistem/peranti lunak.
  • Mengembangkan dan menguji peranti lunak agar bebas dari kekutu (bug). Memastikan peranti lunak/sistem berjalan dengan baik.
  • Mendukung pengguna di tempat terpencil termasuk instalasi, pelatihan pengguna, perbaikan kekutu (bug) dan penyelesaikan masalah, serta sistem pencarian dan penyelesaian masalah.
  • Memiliki pengalaman dalam bahasa pemrogaman struktur dan berorientasi obyek pemrograman akan menjadi nilai tambah
  • Memiliki keterampilan untuk menyiapkan jejaring komputer (setup LAN) dan masalah komputer (troubleshooting computer)

 

Persyaratan:

  • Berpengalaman dalam C# Essential.
  • Lebih disukai bila berpengalaman dalam pengembangan API, penggunaan GitHub, sistem database dan aplikasi web.
  • Lancar berbahasa Indonesia dengan kemahiran berbahasa Inggris.
  • Saat ini sedang menuntut ilmu magister di bidang terkait TI.
  • Lebih disukai yang berpengalaman kerja TI.
  • Bersedia melakukan perjalanan dan bekerja di kawasan timur Indonesia.

 

Durasi magang adalah minimum 4 bulan, lebih disukai hingga 6 bulan. Posisi karyawan magang terbuka untuk mahasiswa tingkat magister Indonesia dan internasional dan MDPI dapat memberikan dukungan biaya hidup sesuai standar di Indonesia. Biaya perjalanan menuju atau dari Indonesia, serta aplikasi visa tidak akan ditanggung oleh MDPI, namun kami akan membantu persyaratan yang diperlukan.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *