Cerita Nelayan Yusran Tomia: Antusias Melihat Hasil Rekaman Kamera Selang Waktu (TLC)

8 Aug 2019
Moch Syifa
482
0

ANTUSIAS: Yusran Tomia atau Onco Yus terlihat begitu antusias saat melihat tayangan video dari kamera TLC yang dipasang di kapalnya.

WAPREA – BURU, 21 Juli 2019 – Yusran Tomia, adalah salah satu nelayan tuna yang berasal dari Desa Waprea, Kecamatan Waplau Kabupaten Buru, Maluku. Laki-laki berusia 40 tahun ini sudah menjalani rutinitas sebagai pencari ika tuna sejak 17 tahun yang lalu. Onco Yus, dia biasa disapa, saat ini tergabung dalam kelompok nelayan Fair Trade Setia Selalu Waprea, yang didampingi Yayasan Masyarakat dan Perikanan Indonesia (MDPI).

Yusran salah satu dari 231 nelayan Fair Tade di Buru yang sangat kooperatif dengan program-program dan proyek yang dilakukan MDPI di Pulau Buru. Salah satunya adalah proyek implementasi Kamera Selang Waktu atau Time Lapsed Camera (TLC) pada kapal nelayan sebagai alat verifikasi port sampling data yang diambil oleh enumerator MDPI. Kamera TLC ini sekaligus sabagai bahan bukti interaksi nelayan terhadap hewan-hewan yang dilindungi atau yang biasa disebut endangered, threatened and protected (ETP).

“Saya bersedia ketika akan dipasangkan kamera TLC di kapal saya karena sudah diberi penjelasan oleh staf MDPI dan saya pribadi sangat percaya dengan MDPI karena sudah mendampingi kami nelayan Fair Trade selama ini. Dengan adanya kamera ini saya tidak merasa diawasi dan bagi saya ketika TLC diapasang, yang melihat nanti bisa tahu aktivitas nelayan kecil itu seperti apa,” Ujar Onco Yus.

Ada sebanyak 65 trip yang berhasil direkam kamera TLC pada kapal Onco Yus, dimulai pada Oktober 2017 sampai Juli 2019. Ayah dua orang anak ini sangat antusias untuk melihat hasil rekaman TLC dirinya ketika pulang melaut apalagi dapat ikan tuna dan ada hewan ETP seperti Lumba-lumba, Penyu, Burung, Hiu, Paus dan Pari yang disekitarnya.

Untung Ayudia, Site Supervisor MDPI Buru, memperlihatkan hasil rekaman melaut dari kamera TLC kepada Onco Yus pada Minggu 21 Juli 2019 lalu. Menyaksikan dirinya terekam kamera saat melaut, Onco Yus merasa senang dan beberapa kali tersenyum ketika melihat hasil rekaman kamera tersebut.

“Kami sebagai nelayan Fair Trade bersedia jika MDPI ingin memasang baik Time Lapsed Camera (TLC), PDS dan alat lainnya di kapal untuk membantu program perikanan berkelanjutan. Kami dan saya pribadi sangat mendukung itu” Ujar Onco Yus.

Penulis: Untung Ayudia Musli (Site Supervisor MDPI, Pulau Buru)

KETERTELUSURAN: Untung (kiri) bersama Onco Yus sering berdiskusi mengenai perikanan yang berkelanjutan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *