Praktek Kerja Lapangan / Magang

3 Oct 2019
mdpi
951
4

Durasi Magang/PKL : 30 Hari

Fakultas : Perikanan dan Ilmu Kelautan/Aktif kuliah

Lokasi : 1 Peserta di Wilayah Pulau Bisa, 1 Peserta di Wilayah Morotai

Mentor dan penanggng jawab : Site Supervisor

Penanggung jawab : Fisheries Manager dan Data Collection Officer

 

Latar Belakang

Program MDPI secara aktif terlibat dalam perikanan Indonesia yang berkelanjutan, khususnya pada tuna dan fokusnya terkonsentrasi pada perikanan skala kecil Pancing Ulur (Handline) dan Huhate (Pole and Line) perikanan tuna sirip kuning / cakalang. MDPI berupaya menggalakkan perikanan yang berkelanjutan maupun kesejahteraan dan peningkatan komunitas masyarakat yang terlibat dalam perikanan skala kecil di Indonesia. Kolaborasi yang kuat antara MDPI dengan berbagai institusi dan organisasi lainnya, antara lain WWF Indonesia, TNC, WCS, USAID, pemerintah Indonesia, universitas, dan stakeholder perikanan lainnya untuk bekerja meningkatkan perbaikan Perikanan menuju Perikanan yang berkelanjutan. 

Melalui keyakinan yang kuat dalam perikanan yang berkelanjutan, baik dari sudut pandang ekologi dan sudut pandang sosial, dan juga untuk memenuhi tuntutan pasar internasional. MDPI juga mengimplementasikan ‘Fisheries Improvement Program’ (FIP), pada perikanan artisanal Pancing Ulur untuk perikanan tuna sirip kuning. FIP akan berkontribusi untuk meningkatkan manajemen perikanan Indonesia dengan mengaplikasikan prinsip perikanan berkelanjutan yaitu memastikan stok ikan yang terjamin, minimnya dampak terhadap ekosistem dan manajemen yang efektif. Untuk itu MDPI mengatur aktivitas pengumpulan data di 10 lokasi di Indonesia yang terdiri dari 6 provinsi antara lain NTB, NTT, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Maluku Utara, dan Maluku dalam mengumpulkan data tangkapan secara ilmiah baik berupa data operasional, hasil tangkapan, panjang tuna pada ikan tuna utuh atau loin, tangkapan sampingan, penggunaan umpan dan interaksi dengan hewan ETP (Endangered, Threatened & Protected species). Kemudian, data disusun di database nasional, disebut dengan I-Fish. Melalui I-Fish dan FIP, MDPI berharap bisa menyoroti pentingnya pengumpulan data dalam meningkatkan manajemen perikanan, yang dapat membantu bergerak menuju Manajemen Perikanan yang Berkelanjutan dengan Pendekatan Ekosistem (Ecosystem Approach to Fisheries Management, EAFM), di Indonesia.

Keterlibatan mahasiswa magang/PKL/Penelitian di wilayah kerja MDPI ini diharapkan dapat memberikan manfaat untuk peningkatan program perbaikan perikanan yang dilaksanakan MDPI dan mahasiswa mendapatkan ilmu serta pengalaman untuk dapat dikembangkan dan disebar luaskan guna menanamkan sikap peduli terhadap keberlanjutan perikanan. Bagi mahasiswa yang terpilih akan bekerja dan belajar di bawah Fisheries Improvement Department. 

 

Tujuan

Memahami proses pengumpulan data perikanan secara keseluruhan dan kegiatan lainnya di site MDPI sesuai loaksi penugasan yaitu dengan mengikuti rangkaian kegiatan /di bawah ini: 

 

  • Berperan aktif dan melakukan pendataan ikan

 

  • Mengerti tahapan pendataan ikan dan terlibat dalam kegiatan pendataan: identifikasi ikan, pengukuran ikan (panjang dan berat), wawancara nelayan, Monthly Unloading, I-fish app, data entry, cek dan verifikasi data, dan upload data ke I-Fish. 
  • Membantu melakukan pendataan ikan bersama team MDPI guna memperoleh data yang berkualitas tinggi
  • Berperan aktif dalam mencari cara untuk mendapatkan standar data yang diperlukan baik dari nelayan dan supplier.
  • Mendokumentasikan setiap tahapan pendataan.

 

 

  • Berperan aktif dalam kegiatan MDPI lainnya 

 

  • Melakukan verifikasi hasil pengumpulan Port Sampling data dengan hasil TLC terutama interaksi nelayan dengan jenis spesies ETP sesuai format analisis yang disediakan. Dari kegiatan ini diaharapkan adanya data hasil verifikasi TLC dan Port sampling data dalam bentuk excel, data base I-fish dan screen shoot foto TLC terhadap interaksi nelayan dengan hewan ETP dan aktivitas selama operasi penangkapan
  • Mengikuti proses implementasi teknologi yaitu pendatan melalui I-Fish app, pemasangan Spot Trace dan Time-Lapse Camera diatas kapal nelayan
  • Mengumpulkan informasi pendukung lainnya dalam melengkapi data dan informasi penunjang yang dibutuhkan oleh MDPI, seperti data kapal dan surat kapal. 
  • Membantu kegiatan MDPI lainnya yang diadakan selama masa Magang/PKL berlangsung.

 

Hak Peserta Magang/PKL

Diberikan kesempatan untuk dapat mengikuti kegiatan Magang, diberikan pengarahan mengenai prosedur dan tata kerja dalam organisasi MDPI, diberikan kepercayaan dan tanggung jawab terhadap berjalannya kegiatan magang. Mendatpatkan kompensasi dan diberikan biaya transportasi guna mendukung kelancaran kegiatan selama Magang/PKL, diberikan sertifikat Magang/PKL. 

 

Tugas dan Tanggung Jawab 

    1. Melapor dan berkoordinasi dengan Supervisor
    2. Mengirimkan WWR (weekly work report) sesuai format dan ketentuan dari MDPI yang dikirimkan via email ke Supervisor setiap hari Jumat.
    3. Membuat presentasi singkat mengenai hasil Magang/PKL dan mempresentasikannya kepada Supervisor dan staf MDPI Kupang, sebelum masa Magang/PKL selesai. 
    4. Menyerahkan laporan hasil Magang/PKL, maksimal 1 bulan setelah Magang/PKL selesai.
    5. Membangun komunikasi yang baik kepada mitra MDPI dan tim MDPI
    6. Mengikuti seluruh tata tertib yang berlaku di MDPI
    7. Menjaga kerahasian informasi yang dianggap sensitive/rahasia oleh MDPI, untuk tidak disebarkan ke pihak luar baik melalui jalur pribadi maupun media sosial. 
    8. Membuat artikel hasil kegiatan Magang/PKL.

 

 

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *