Audit Operational – Audit Compliance – Audit Financial Statement

7 Nov 2018
mdpi
537

Kerangka Acuan Kerja

Audit Operasional, Kepatuhan

dan Audit Keuangan 2018

Yayasan Masyarakat dan Perikanan Indonesia (MDPI)

 

Background – Latar Belakang

Yayasan  Masyarakat  Dan  Perikanan Indonesia (“Yayasan MDPI”) didirikan berdasarkan Akta  Pendirian  Nomor:  15  tanggal  31  Juli 2013  yang  dibuat  dihadapan  Putu  Asti Nurtjahjati,  SH,  Notaris  di  Jakarta  Selatan. Akta  tersebut  telah  mendapat  pengesahan dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia tertanggal  23  Oktober  2013  Nomor:  AHU- 6872.AH.01.04.,  tahun  2013.

Sesuai dengan pasal 3 Akta Notaris Nomor: 15 tanggal 31 Juli 2013, maksud dan tujuan pendirian  yayasan  adalah  di  bidang  sosial dan untuk mencapai maksud dan tujuan tersebut di atas,  yayasan  menjalankan  kegiatan sebagai berikut :

  • Memberdayakan nelayan  dengan melakukan  penyadaran  pada keberlanjutan  perikanan  dan  juga dalam  pengembangan  kelompok masyarakat.
  • Meningkatkan kualitas  hidup  anggota komunitas nelayan pancing skala kecil.
  • Memberdayakan nelayan  untuk meningkatkan  mata  pencaharian atau pendapatan keluarga nelayan.
  • Mempromosikan higienis  dan  sanitasi dalam  lokasi  pendaratan  melalui program kesadaran.
  • Meningkatkan kualitas  hidup  nelayan dengan  mempromosikan  dan menerapkan  keselamatan  pada program  laut,  pendidikan  kesehatan dan kegiatan terkait
  • Melakukan program  peningkatan perikanan dalam skala kecil.
  • Mendukung pemerintah  dalam melindungi sumber daya.

Dasar penyusunan laporan keuangan yang telah disusun oleh Yayasan MDPI pada laporan keuangan untuk tahun yang berakhir 31 Desember 2017 menurut laporan Auditor Independen telah disajikan secara wajar sesuai  dengan  Pernyataan Standar  Akuntansi  Keuangan  (PSAK) 45 dan Standar Akuntansi Keuangan-Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK-ETAP) untuk semua pengakuan, pengukuran, pengungkapan pos pos laporan keuangan.

Dalam melaksanakan proyeknya Yayasan MDPI telah berusaha menerapkan standard administrasi sebaik mungkin dalam segala aspek, baik perencanaan, pelaksanaan, monitoring, audit, administrasi, keuangan, pembagian kerja, pengadaan barang dan lain-lain.

Untuk mengetahui sejauhmana efektifitas, kepatutan, kepatuhan dan kebenaran manajemen dalam melaksanakan kegiatan baik di dalam kantor maupun di lapangan, maka semua proyek donator yang ada di Yayasan MDPI perlu untuk di audit. Audit ini dilakukan untuk memperoleh pembelajaran terbaik dari setiap langkah manajemen dan mendapatkan catatan yang layak agar menjadi rekomendasi selanjutnya. Audit dilaksanakan baik secara internal maupun eksternal untuk menjamin adanya keadilan dan keseimbangan penilaian. Kegiatan Audit Eksternal lebih di fokuskan pada tahun keuangan periode Januari s/d Desember 2018 (Tahun Fiskal 2018).

 

Objectives – Tujuan

Tujuan Audit ini adalah untuk :

  • Memperoleh informasi proses, ketaatan, dan kepatuhan Yayasan MDPI dalam semua aspek terkait pencatatan keuangan, adminitrasi dan dokumentasi proyek.
  • Memperoleh penilaian atas pelaksanaan program baik dari sisi transparansi maupun akuntabilitas.
  • Menilai kesesuaian penyajian laporan keuangan dengan standar akuntansi keuangan yang berlaku (SAK).

Scope – Ruang Lingkup

Ruang Lingkup Audit ini meliputi:

  • Audit Keuangan berhubungan dengan sejauhmana pengelolaan keuangan yang dilakukan sesuai dengan prosedur. Audit ini meliputi pengelolaan dana hibah pada rekening bank, rekening kas kecil, prosedur dan cara pembayaran, bukti-bukti pendukung pembayaran atau pengeluaran.
  • Audit kepatuhan, berhubungan dengan pengelolaan keuangan  lembaga  sejak Januari s/d Desember 2018 dengan merujuk pada SAK.
  • Audit Manajemen/Operasional, berhubungan dengan bagaimana administrasi kantor di jalankan sehingga tercapai keefisiansi dan efektiftifan dalam bekerja yang menyangkut pemeriksaan administrasi : Struktur Organisasi, Uraian tugas dan Surat menyurat.

 

Expected Output – Hasil yang diharapkan

Auditor wajib menyusun laporan audit dengan outline sekurang-kurangnya sebagai berikut:

1. Opini auditor independen atas laporan keuangan yang terdiri dari :
a) Laporan sumber dan pengunaan dana
b) Laporan budget dan realisasi
c) Catatan atas laporan keuangan
2. Managemen Letter
a) Kesesuaian antara kebijakan/ketentuan yang telah ditetapkan dengan pelaksanaanya
b) Kelemahan sistim pengendalian Internal
c) Laporan tentang tingkat kepatuhan masing-masing perjanjian keuangan dalam perjanjian pembiayaan, hal-hal internal dan eksternal yang mempengaruhi kepatuhan tersebut
3. Standar pelaporan mengikuti standar baku pelaporan audit Independent

 

Time and Place – Waktu dan Tempat

Audit dilaksanakan di kantor Yayasan MDPI, Denpasar, Bali dimulai pada bulan Desember 2018 dengan jangka waktu selamaa 120 hari kerja termasuk hasil pelaporan Audit.

 

Budget  – Pembiayaan

Untuk biaya audit ini, para calon Auditor dapat mengajukan rencana anggaran biaya audit untuk bisa di negosiasikan dengan Pimpinan Yayasan MDPI. Anggaran yang disepakati adalah anggaran sesuai dengan ketersediaan anggaran pada yayasan.

 

Informasi Kantor

Yayasan Masyarakat dan Perikanan Indonesia (MDPI)

Jl. By Pass Ngurah Rai, Istana Regensi Blok S-6

Pedungan, Denpasar Selatan – Bali

Telephone: 0361 – 728 373

Email: finance@mdpi.or.id

Website: www.mdpi.or.id